Indonesiaku Indah dan Blitar termasuk di dalamnya
Home » » AIR TERJUN SIRAH KENCONG

AIR TERJUN SIRAH KENCONG

Written By Assadena Cahya Kusumardani on Senin, 16 Mei 2016 | 11.42.00

AIR TERJUN SIRAH KENCONG 


Perkebunan Sirah Kencong sendiri merupakan sebuah perkebunan dengan komoditas teh milik pemerintah yaitu melalui PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII). Perkebunan Sirah Kencong masuk kedalam wilayah Desa Ngadirenggo Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Akses jalan untuk menuju Perkebunan Sirah Kencong sama dengan ketika menuju air terjun Lawean di Perkebunan Kawisari, yaitu dari Wlingi ke arah utara menuju Desa Semen Kecamatan Gandusari. Sesampai pasar Semen belok ke arah kanan sampai menemukan pertigaan makam. Sampai disini, anda tinggal mengikuti arah jalan utama. Sebagian besar jalan untuk menuju lokasi Perkebunan Sirah Kencong memang sudah beraspal, tetapi masih ada beberapa bagian jalan yang rusak. Sehingga tidak jarang pengunjung yang datang mengalami kesulitan saat melewatinya.

Selain melalui Desa Semen akses jalan menuju Perkebunan Sirah Kencong juga bisa ditempuh melalui Desa Tegalasri Kecamatan Wlingi. Dari Wlingi lebih tepatnya sebelah barat dari kawedanan Wlingi ada jalan ke arah utara. Anda ikuti jalan tersebut sampai menemukan pertigaan, ambil arah ke kiri (ada tulisan arah Sirah Kencong). Akses jalan melalui Desa Tegalasri ini tergolong lebih enak daripada melalu Desa Semen, tetapi terdapat banyak persimpangan jika melewati jalur ini. Sehingga bagi pengunjung yang belum mengenal jalan daerah sini kemungkinan akan kebingungan. Di jalur sini pula sudah mulai dilakukan pembangunan di bagian atas atau di dekat Pabrik Sirah Kencong. Jalan jalan sudah banyak yang diperlebar dan diperbaiki. Terlihat mulai dilakukan pembangunan pabrik yang baru. Pemandangan pada jalur sini pun juga tidak kalah indahnya dengan jalur Semen. Sesekali ketika cuaca sedang cerah kita bisa melihat dengan jelas puncak Gunung Kawi yang indah. Pada saat saya berkunjung kesana terlihat mulai dilakukan pembangunan pabrik baru. Perjalanan menuju Perkebunan Sirah Kencong akan berakhir setelah menemukan gapura sebagai tanda anda memasuki kawasan Perkebunan Sirah Kencong. Setelah sampai di pos satpam anda akan mendapatkan tiket masuk untuk selanjutnya menuju area parkir.

Selain berupa Pabrik dan Perkebunan teh, Sirah Kencong juga menyimpan objek wisata lain yaitu berupa air terjun dan candi. Pada saat kesana saya hanya menuju ke air terjun saja. Jarak antara area parkir menuju lokasi air terjun sekitar 700 meter dengan medan sedikit menanjak. Perlahan tapi pasti akhirnya telah sampailah pada lokasi air terjun.


Rasa lelah akan terbayar sudah setelah menikmati setiap keindahan alam ciptaan Yang Maha Kuasa ini. Aliran air yang tidak begitu deras membuat kita ingin lebih mendekat dan mencoba bermain air dibawah air terjun. Meskipun demikian anda juga tetap harus waspada seperti terpeleset atau jatuh, apalagi ketika musim penghujan pengunjung harus lebih ekstra hati hati karena selain lebih licin debit air terjun juga akan bertambah yang akan lebih berbahaya lagi.

Selain sebagai tempat wisata, Sirah Kencong juga merupakan akses masuk para pendaki yang akan melakukan pendakian menuju puncak Gunung Kawi, sehingga sesekali kita akan menjumpai beberapa rombongan dengan membawa tas besar sebagai ciri khas para pendaki. Ketika anda berkunjung ke Sirah Kencong tak ada salahnya anda membawa oleh oleh berupa teh asli produksi Sirah Kencong. Anda bisa mengajak keluarga anda berkunjung ke Sirah Kencong untuk sesekali menikmati udara pegunungan yang segar dengan hamparan kebun teh yang luas. Semoga ini bisa menjadi alternatif anda untuk berwisata di daerah Blitar dan sekitarnya. Selamat berkunjung !!!
SHARE

About Assadena Cahya Kusumardani

0 komentar :

Posting Komentar