Indonesiaku Indah dan Blitar termasuk di dalamnya
Home » » FESTIVAL DURIAN

FESTIVAL DURIAN

Written By Assadena Cahya Kusumardani on Senin, 16 Mei 2016 | 11.47.00

FESTIVAL DURIAN


Salah satu tradisi yang biasa dilakukan oleh masyarakat Blitar ialah festival durian. Biasanya, festival ini dilakukan setiap satu tahun sekali. Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat ketika musim durian yang tumpah ruah. Tradisi ini diselenggarakan untuk mensyukuri hasil bumi yang berupa durian. Festival durian ini terletak di Desa Sumberasri, Nglegok, Blitar.  Ada 11.000 buah durian di desa dengan jumlah 7000-8000 durian siap panen di sana. 30.000 buah durian yang dijual di sana, habis.

Acara ini, dihadiri oleh Bapak Bupati Blitar, sebagai salah satu pemimpin jalannya tradisis yahunan ini. Serangkaian acara biasa diselingi dengan hiburan. Yang paling menarik dari tradisi ini ialah tumpang durian yang menjulang tinggi ke langit. Tumpeng terdiri dari tiga lapis, antara lain ialah lapisan pertama terdiri atas tupukan durian, lapisan kedua terdiri atas tumpukan buah rambutan, dan lapisan teratas terdiri atas sebuah durian besar sebagai ujung tumpeng.

Tradisi ini bertujuan untuk mensyukuri hasil bumi yang berupa durian. Tradisi ini dilalsanakan setiap kali masyarakat panen durian. Tumpeng yang telah disusun rapi menjadi tumpeng diarak keliling kampung. Setelah itu, tumpeng dibagikan kepada masyarakat yang menghadiri acara tersebut.

Tradisi ini biasa dilakukan oleh beberapa wilayah di Blitar. Salah satunya ialah Desa Wisata Sumberasri. Desa Wisata Sumberasri. berasal dari desa terpinggirkan yang mengandalkan keamanan, keramahan, dan kenyamanan bagi para pengunjungnya. Asyiknya lagi, desa ini adalah jalan menuju air terjun panas, Rondo Rante.  Menuju Candi Gambar Wetan yang diperkirakan luasnya 1 hektar, sayangnya masih diperkirakan karena tertimbun di bawah tanah, dan juga ada outbound siaga bencana. Di sini juga bisa melihat Gardu Kelud, Wlingi, Tulungagung, Kediri, dan Blitar.


SHARE

About Assadena Cahya Kusumardani

0 komentar :

Posting Komentar